Sampingan

1998 nya 2015

saya sendiri ga ngerti dari kemarin-kemarin dalam bulan ini mulai ngerasa susah sendiri dengan mencari tulisan orang yang pernah menyaksikan sejarah nya mei 98. semakin kerasa susah ketika apa yang ingin saya temukan belum saya dapatkan.

diawali dengan 2 tahun yang lalu saya bertemu dengan salah seorang saksi sejarah yang terjun langsung meliput kerusuhan mei 98. dia sopir travel yang saya tumpangi ketika perjalanan dari soetta ke bandung setelah libur ‘idul fitri. sudah insap dari jurnalis dan mengubah profesi nya menjadi pekerja sopir travel. jaman belom ada xpress air jadi saya harus transit ke CGK dulu. dia bercerita tentang nyatanya kerusuhan mei 98 dengan jejak peluru yang pernah bersarang didekat siku kirinya. bahkan (maaf) tentang banyaknya kondom yang berserakan di ***. tentang kebakaran, kebrutalan dan semuanya membuat ceritanya langsung berubah menjadi layar bioskop yang tergambar dengan jelas di otak saya

kemudian dari baru tahunya saya tentang siapa personil/ salah satu personil tim nasyid Seismic. perjalanan ke indramayu kemarin menjadi wasilah diberitahukannya kepada saya tentang siapa personilnya. terimakasih, ada teman saya yang satu angkatan memutar nasyid Seismic dan bertanyalah saya siapa orang-orang nya. bagi saya pribadi orang yang mengetahui nasyid Seismic ini bisa dijadikan rujukan yang tepat untuk mengetahui siapa dibalik Seismic, siapa dibalik penulis keindahan lirik-liriknya yang cerdas untuk dipahami, lirik yang tidak biasa. apakah sebegitu pahamnya saya ya tentang lirik-lirik mereka waktu masih ileran? karena ga semua orang kenal dengan tim nasyid yang satu ini, jadi kalo ada yang kenal ya saya bisa ngerasa senasib. naon si.

kenapa (harus) baru sekarang saya diberi tahu? kenapa? beginilah hidup saya yang saya sendiri pun tak mengerti aturan flow nya. bisa dibilang saya sedang kebingungan sendiri tentang sejarah siapa si nida. dan saya masih menjalani ta’aruf seumur hidup dengan diri saya sendiri [?]

atau mungkin sekarang saya sedang menyusun puzzle yang sedang berantakan, kenapa hari ini saya bisa menetap disini.

***

seperti bingung nya saya dengan keindahan perhiasan, entah itu gelang, cincin, kalung. dalam seminggu tak sampai, sudah saya lepaskan si cincin dari jari. saya mencoba untuk menyukainya. karena… katanya kalo make perhiasan itu bisa terlihat indah. saya beli yang 10 ribuan di mall-mall yang bentuknya cantik untuk latihan, tetep aja tidak pernah bertahan lebih dari seminggu. saya tidak mengerti kenapa saya lebih suka tidak memakai perhiasan padahal sepertinya saya bisa menyukainya. rasanya hidup lebih ringan. haha random

***

serius aja, saya bukanlah penggemar novel-novel yang tidak ada hubungannya dengan kenyataan. jadi seheboh apapun orang memiliki novel, saya bukanlah orang yang mudah ingin membelinya. pada akhirnya saya menyadari sesuatu. saya ini menyukai novel yang memang ada hubungannya dengan diri saya, seperti laskar pelangi dan namaku may sarah. eh tapi sepertinya ini hanya keGRan yang luar biasa. hanya men-cocok-ologi kan saja 😀

novel Namaku May Sarah ini salah satunya. entah dimana saya bisa mendapatkannya lagi. dibelikan babeh karena saya sendiri yang memilihnya, beliau tidak melarang saya membaca ini. padahal saat itu saya masih SD dan isi novelnya bisa dibilang untuk orang dewasa. anehnya ketika saya membaca novel tipis ini saya belum tau kalo ternyata saya memiliki garis keturunan cina dari ibu, tapi dengan seketika saya bisa menyukai ceritanya. bercerita tentang seorang perempuan keturunan cina dengan bergelut dikerusuhan mei 98, yang saya sendiri tidak pernah tau bagaimana kejadian sebenernya. tapi sampe hari ini saya selalu ingin mengetahui cerita tentang mereka, baik itu dari perjuangan para mahasiswa yang sedang ‘bertempur’ ataupun kisah cintanya para aktivis dakwah kampus yang pernah terlibat. dan satu-satunya cara untuk mendapatkan gambaran tentang itu semua adalah dengan membaca novel fiktif yang memang terinspirasi dari kerusuhan itu. tapi bisa juga sih baca sejarah yang lain, tapi gimana ya terkadang saya sulit percaya dengan cerita yang ga jelas sumbernya. kecuali orang itu sendiri yang pernah terjun langsung. gini nih susahnya orang yang ga mudah percayaan ke orang, sekalinya percaya ke orang, dia tetep percaya walopun diboongin.haha random lagi. jadi makin greget, waktu saya nemuin fb nya Dani Setiawan (salah satu geng nya Seismic), kalo ngeliat di halaman mukanya ada nasyid adalah engkau yang dibuat di bandung. hah saya ga ngerti harus bertanya ke siapa tentang kemisteriusan hidup saya: saya ternyata pernah menyukai dia yang bahkan saya belum pernah bertemu sebelumnya. adalah engkau, nasyid yang ditakdirkan saya sukai sejak SD padahal gatau siapa penulisnya dan dimana ditulisnya karena kertas albumnya udah hilang. pada akhirnya saya baru mengerti apa kata pidi baiq “Bandung bukan cuma masalah geografis, bagiku, tetapi juga menyangkut perasaan” ea

disebut teori apa ini bisa menyukai padahal belum pernah bertemu, wahaha sepertinya kebanyakan makan paham ilmiah yang tak penting untuk dibahas

kemudian masih dihalaman depan fb nya ada link lagu mentari dan puisi reformasi 1998. ini baru puisi (bonus kecil) yang saya temukan, karena yang benar-benar ingin saya temukan adalah novel nya Dani Setiawan. temenku yang tadi memberi tau lagi, selain siapa personil Seismic dia juga memberi tau kalo Dani ini juga membuat novel tentang demonstrasi. saya gatau novel yang satu ini terinspirasi dari kerusuhan mei 98 juga atau engga tapi kecurigaan saya bisa jadi benar karena ada link yutub puisi reformasi yang dibuat oleh Dani. katanya ketika sedang demo ada yang bisa jatuh cinta disini. haha masak sih bisa? memang terlihat seperti pujangga di siang bolong yang kehilangan tempat bersandar tapi aku terpaksa banyak bertanya dimana aku bisa membaca novel Jasmine, Menjemput Bidadari. covernya warna hitam. BBC Palasari adalah tempat terbaik menemukan buku-buku lama, tapi rasa malas untuk bepergian jauh mengakibatkan hanya mengandalkan gugling. tetap tidak kutemukan atau mungkin aku ga tau caranya.

kalo ada yang berbaik hati kirimkan saja bukunya ke Jl Geger Kalong Girang gang Geger Suni 2 no 34 Bandung a.n Annida UL Fithriyah (haha ngarep boleh dong) saya ganti deh uang transportnya 😀 ini juga udah usaha nge pm langsung ke Dani Setiawan nya via fb. dimana saya bisa mendapatkan novel Jasmine itu, tapi lom dibales.hik kayaknya orang sibuk

padahal PeeR saya yang akan menyelesaikan tulisan tentang Zulaikha belum juga dituntaskan

padahal masih banyak buku kuliah yang belum saya selesaikan

padahal buku-buku dan film-film nabi yang menarik dari braga belum juga saya selesaikan

maafkan saya yang sedang memikirkan ini disela-sela (sok) sibuknya saya, semoga semua kehidupan bisa saya baca dengan baik

 ***

saya dan aku masih menjadi satu disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s