ga (suka) seblak

ini gimana ceritanya aku pernah menganggap jajanan bandung yang satu ini sangat aneh, bentuk nya lembek2 ga beraturan, bahkan parahnya sempat mengucapkan hal yang tidak baik sama jajanan yang satu ini >> ‘makanan apa tuh? kok bentuk nya lembek2 gitu?’ padahal Nabi Muhammad sudah  mengajarkan,, apabila tidak menyukai suatu makanan, ya diamkan saja, ga perlu berkata yang tidak2. entahlah tetiba aja bisa lepas kendali keceplosan ngomong kayak gitu waktu pertama kali ngeliat seblak, karena seumur2 aku nomaden dari lampung, medan, padang, palembang aku ga pernah ngeliat kuliner yang begituan eh maksudku kuliner yang unik begitu.heheu
Aku juga baru diingetin lg unt tdk boleh membenci sesuatu secara lebai karena bisa jadi malah sebaliknya. Padahal jaman2nya SD dulu suka di puterin tuh nasyid jadul, nama tim nya saujana yg judulnya apa gitu ya? Hilap euy soalnya jadul beet, saking jadulnya masih pake kaset isinya pita warna item, (dan aku hobi narik2in pita item itu sampe kaset2 di rumah banyak yang wafat, efeknya..ya diomelin emak) kira2 liriknya begini. ayo tes suara..cek satu dua tiga..ehm *tapi sebentar!  lupa euy liriknya.. tak search dulu di gugel

Tadaang..!
***
Cinta dan Benci

Cintailah insan kau kasihi dengan
sekadarnya
Kerna kelak engkau mungkin akan
membencinya pula
Cintai sekadarnya, cintai
sekadarnya
Cintai sekadarnya
Bencilah manusia kau musuhi
dengan sekadarnya
Kerna suatu masa mungkin engkau
mencintainya pula
Bencilah sekadarnya, bencilah
sekadarnya
***

Dan sepertinya benar juga, mungkin karena aku gabisa membenci seblak dengan sekedarnya jadilah hari ini adalah yang kedua kalinya aku masak seblak dengan tanganku sendiri! Dan aku menyukainya..ya Rabbi, kok bisa ya? Ga ngerti lah
Mau tau bumbunya?
1. Bawang merah (sekitar 5 siung)
2. Bawang putih (sekitar 7 siung)
3. Kencur (sekitar 5cm)
4. Cengek ._.? Eta cabe rawit (4 ajah biar ga kepedesan, si aku suka ga tahan pedes tapi suka pedes ._.??
5. Daun bawang (sekitar 2 helai)
6. Telor ayam (2 butir ge cukup)
7. Kerupuk seblak ukuran kecil2 yg warna oren (sekitar 2-3 genggam dan direndem dulu sekitar 30-45 menit biar ga terlalu keras)
8. Topping tambahan bisa pake jamur putih/ jamur kuping/ brokoli/ sayur2an/daging /ayam/ sesuai selera (untuk kali ini aku pake jamur kuping yg warnanya agak item tea)
9. Garam secukupnya atau mau pake penyedap rasa jg boleh (penelitian menunjukkan : http://mommiesdaily.com/2012/09/24/tidak-ada-bukti-bahwa-msg-berbahaya/
Jadi ukuran 1 sachet penyedap rasa berkisar 7,5 gr dan itupun makenya sedikit banget jadi masih aman untuk dikonsumsi tubuh, untuk pengganti alami msg supaya bisa menghasilkan rasa umami yg mirip msg bisa disiasati dg pencampuran gula dan garam)

Cara membuat:
bahan2 dibawah ini bisa untuk porsi keroyokan jadi rame2 makannya
1. Ulek kencur, cengek ._. bawang merah, bawang putih (ampe bener2 alus biar ladziiz).
2. Panaskan minyak halal kira2 3-5 sendok makan, langsung ditumis itu bumbu, sampe bumbunya harum baru boleh masukin daun bawang yang udah diiris tipis2
3. Kasih air sedikit biar ga gosong, langsung campurin 2 telor, dan dikacau-kacau kan [?]
4. Masukin pilihan toping yang kita suka sekalian kerupuk seblaknya (sambil tambahin garem/ penyedap rasa), kalo udah lembek alias mateng matikan kompornya. *bentar! tadi aku lupa ngidupin kompornya ya? hadeuh si nida!

yah begitulah kira2 cara masaknya, walaupun gabisa ngeplating ala chef dan bentuknya memang unik begini, gapapalah ya,, nyang penting rasanya bung :9

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s